18 November 2008

Apa sih BRIMOB itu ...?



Bila mendengar kata Brimob, sebagian orang mungkin akan bingung, apaan sih ... ?

tentaranya Polisi kali ye ...? Trus bagaimana dengan sodare2 kite yang suka demo bikin jalanan macet tuh, apakah mereka tahu juga apa itu Brimob. Sedikit banyak pasti tahulah, tapi kalo sudah memakai pakean PHH apakah mereka bisa bedakan mana Brimob mana satpol PP. Lho kok satpol PP sih ...?

Jangankan anda orang awam, saya yang Brimob tulen aja kalo dari jauh juga kadang suka bingung, ini teman saya apa bukan ya ? Itulah fenomena yang lagi ngetrend sekarang ini, "militeristik abis". Pertanyaannya, Brimob yang lagi berbenah diri untuk menjadi Polisi sipil, trus kok ada sipil yang ke Brimob-brimobpan atau militer-militeran? Mau perang kali ye ...?

Truss ... bedanya apa donk ...? ya beda bangetlah! gampangnya gini aja deh, kalo yang berhadapan sama massa di depan istana negara sudah pasti itu Brimob, truss kalo yang bongkar2 kiosnya pedagang kaki lima itu siapa? yo ndak taulah ... mosok Brimob, urusannya apa?.

Tuh, tambah bingung kan?
Udah deh, ngga usah dipersoalkan mau Brimob kek, satpol PP kek, intinya kita semua harus tahu sejarah Brimob itu. Setuju kan ??? Ingat kata pepatah, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai Jasa para Pahlawannya. Bagaimana supaya bisa menghargai, baca dulu donk sejarahnya ... Saya kutip dari bukunya Sutjipto Danukusumo "Hari-hari bahagia bersama Rakyat."



Hal 7 alinea ke 2 :
Awal dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia adalah Badan Keamanan Rakyat, Pasukan Polisi Istimewa, Pasukan Polisi Pejuang Republik Indonesia, Pasukan Pemuda Republik Indonesia, Laskar Hisbullah, serta banyak pasukan dan laskar-laskar lainnya yang dibentuk atas inisiatif rakyat atas dasar kesadaran, tekad, dan kerelaan untuk mengabdi kepada Nusa dan Bangsa.

Hal 12 alinea ke 3 :
Dalam perjuangan bersenjata itu, Pasukan Polisi Iistimewa, kemudian berganti nama menjadi Mobile Brigade (Mobrig) pada 14 November 1946, kemudian nama itu di Indonesiakan pada tahun 1962 menjadi Brigade Mobil (Brimob)

Hal 36-37 :
Pasukan Polisi Istimewa lahir lebih dulu dari yang lain," kata Dr Ruslan Abdulgani, tokoh pejuang yang turut berperan aktif dalam Palagan 10 Nopember 1945. Sementara itu Mayjen TNI AD Sudarto, mantan ajudan Presiden Soekarno, menjelaskan secara gamblang,"Omong kosong ," katanya, ""jika ada yang mengaku dalam bulan Agustus 1945 memiliki pasukan bersenjata, yang ada hanya Pasukan Polisi Istimewa, dan tanpa pasukan ini tidak akan ada hari Pahlawan 10 November 1945."

Mayor TNI AD (Pur) R Kadim Prawirodirdjo meneguhkan ucapan Brigjen Sudarto. Pejuang kemerdekaan-saat ini berdomisili di Yogyakarta-Ketua BKR, Wakil ketua KNI, Danrem BKR 17 September 1945, Wakil Presiden, wakil ketua Badan Pertahanan Rakyat Surabaya, yang juga komandan Resimen Surabaya Selatan, 28 Oktober 1945 dan menjadi wakil PP Perang 10 Nopember 1945, menjelaskan secara gamblang, bahwa
sesungguhnya pada saat pelucutan senjata Jepang, TKR belum terbentuk. Pada waktu itu hanya Polisi (baik Polisi Umum, maupun CentralSpecial Police, dan Polisi Istimewa) yang memiliki senjata. Merekalah yang memelopori pelucutan senjata jepang.

Selanjutnya Kadim menjelaskan, bahwa pasukan Polisi Istimewa, maju di depan bersama-sama dengan rakyat melucuti jepang. Lagi pula Jepang hanya mau menyerahkan senjata kepada Polisi. Jadi bisalah dikatakan, bahwa perang kemerdekaan pada waktu itu adalah perang rakyat, perang para prajurit, yang tanpa Polisi maka jalannya sejarah perjuangan bersenjata bangsa Indonesia akan berjalan lain.

Polisi Istimewa-M.B.K Surabaya-memang telah menjalankan peranan penting dan strategis dalam sejarah perjuangan bangsa. Pasukan Polisi Istimewa- semenjak 14 Nopember 1946 menjadi Mobile Brigade Keresidenan Surabaya- sudah merupakan Kesatuan Besar dengan kebyar kiprahnya yang gilang gemilang. Sehingga tak heran bila Mobile Brigade sebagai sebuah kesatuan militer menerima anugrah Tanda Djasa Pahlawan(biasanya diterima seorang secara pribadi) atas jasa di dalam perjuangan gerilya membela kemerdekaan negara. Dan I.P. I Mayjen Pol (Pur) Sutjipto Danoekusumo, komandan Polisi Istimewa Surabaya/M.B.K Surabaya, menerima Satya Lencana Cikal Bakal Tentara Nasional Indonesia.



Gimane ...? udah ada gambaran tentang Brimob? Ternyata ya, Brimob itu bukan pasukan yang terbentuk kemarin sore. Tanda jasanya frend ... Satya Lencana Cikal Bakal Tentara Nasional Indonesia. Penghargaan ini diberikan atas dasar peran Kepolisian Kota dan Daerah Keresidenan Surabaya, yang begitu besar jasanya dalam membina dan membangkitkan semangat perjuangan pemuda dan rakyat Surabaya untuk melakukan perlawanan terhadap kolonialis.

Ada tanggapan atau komentar? silahkan jangan sungkan2. Rakyat Indonesia harus tahu kiprah Brigade Mobil Polri dalam mewujudkan Kemerdekaan NKRI. Oke, langsung klik aja kalimat komentar di bawah ini.

70 komentar:

  1. Wah ....
    Ternyata seperti itu ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. TNI di bentuk pd tgl 18 agt 1945 dengan nama BKR (badan keamanan rakyat), beberapa minggu kemudian di rubah menjadi TKR (tentara keamanan rakyat).
      pada tgl 5 oktober 1945 dirubah menjadi ABRI (angkatan bersenjata republik indonesia) dan sekarang menjadi TNI....

      Hapus
    2. Trimakasih atas info dan kunjungannya .....

      Hapus
  2. Mas mau nanya mas, saya kan tinggal di bekasi, tadi saya telp ke polres bekasi no. 021 8841110 menanyakan apa benar sedang dibuka pendaftaran pendidikan calon polisi, karena beberapa hari yang lalu ada teman yang mengajak saya untuk ikut mendaftar masuk pendidikan calon polisi tapi teman saya itu juga belum tau secara pasti, lalu saya dapat no. telp polres bekasi dari internet dan saya telp, dan setelah saya tanyakan dengan penerima tlp itu katanya untuk pendaftaran pendidikan polisi tahun ini ditiadakan, yg ada pendaftaran utk calon brimob, apa benar mas?? padahal saya ingin sekali menjadi polisi cyber crime krn latar belakang saya di bidang IT, saat ini saya masih kuliah d Bina Sarana Informatika Salemba dan sangat mengerti seluk-beluk internet, saya mempunyai dan membuat bebrapa website a.l www.iklan22.com, www.halteiklan.com, dll, blog saya di www.gilar.co.cc, nha..saya di sini mau minta saran dari mas, saya ingin memajukan polisi cyber crime di Indonesia biar ga dipandang sebelah mata, selama ini kan polisi utk yg cyber crime blm mandiri masih suka minta tolong sm pakar IT atau telematika. Saya ingin ke depan polisi cyber crime lbh mandiri. Eh mas kepanjangan ya commentnya? kok malah jd ky' curhat? he.. point utamanya gni mas, saya minta saran dari mas kalo bnr tahun ini hanya menerima pendaftaran siswa calon brimob, sebaiknya saya ikut atau tidak? kalau saya menuggu tahun depan n2t sudah ketuaan, umur saya skrng 22, tp kalo saya ikut pendidikan brimob th ini peluang saya jadi polisi cybercrime gmn ya? he... sebelumnya makasih mas kalo mau dibaca dan diperhatikan, id YM saya gilar_dino86

    BalasHapus
  3. coba browsing tanya om google d mas ...
    atau coba klik alamat ini:

    http://poldajogja.wordpress.com/2009/01/05/nasib-penerimaan-bintara-polri-ta-2009/

    http://www.komisikepolisianindonesia.com/main.php?page=suara

    jadi brimob?
    si masnya punya nyali ngga?
    peluang jd polisi cybercrime tetap besar donk mas ... tinggal ajukan mutasi beres d tuh.

    Pimpinan juga pasti akan melihat dan mendukung minat & ketrampilan kita.

    Ayo, jangan ragu2!
    Kalo memang dibuka pendaftaran jadi Brimob, coba aja. Brimob juga Polisi lo ...

    Brimob butuh orang2 melek tehnologi seperti mas

    Oke ... trimakasih atas kunjungan & commentnya.
    Sukses selalu

    BalasHapus
  4. BRIGADE
    salam komando DETASEMEN " COBRA " C
    Satuan BrIMoB Polda SUMUT
    makasih bang atas ilmunya
    bukunya harganya berapa bang...


    salam dari anggota satuan BRIMOB polda SUMUT

    HARTONO
    BRIGADE

    BalasHapus
  5. maaf ndan tadi ga tau pangkatnya ndan....
    selamatmalam ndan..

    BalasHapus
  6. ndan asal tapsel ya...
    kebetulan saya juga dinas di tapsel ndan...
    dinas dimana ndan...

    BalasHapus
  7. mohon izin ndan
    klu bisa gabung di facebook ndan....
    disitu juga banyak anggota brimob yang ikutan facebook ndan

    BalasHapus
  8. Brimob itu Satuan bersenjata dan sangat wajar menggunakan seragam militter atau pun atribut militer bahkan organisasinya mengdopsi militer juga tidak apa2 kok. kami rakyat sangat setuju itu. diliar negeri saja pasukan khusus polisi menggunakan seragam loreng tapi kenapa brimob tidak? rupanya para pimpinan brimob maupun polri agak mengidap militerphobia yaa?

    anggaran Polri yang besar untuk membangun kekuatan brimob rasanya mimpi sebab para pimpinan polri banyak yang bermental maling. liat aja tuh rumahnya pada mewah di pondok indah. duit darimana itu? sedang anggotanya pada ngontrak.

    BalasHapus
  9. @Untuk mas hartono di Polda Sumut ;
    Sy asli Padangsidempuan mas ... sampeyan dinas di Parsabolas ya ...? salam aja deh buat Ipda Hary Purwanto ...

    Sy d gabung di facebook mas ... sdg jd member Grup Brimob. add sy lah ...

    @Untuk mas anonim ...
    Militerphobia? sy suka istilah itu ...

    Yg bermental bagus masih ada mas ... banyak malah sy kira. Untuk anggota yg masih pada ngontrak memang memperihatinkan sangat kontras/bertolak belakang dgn pimpinan yg tinggal di perumahan mewah. Kita berpikir positif aja mas ... bisa jadi itu hasil dari menang lotre misalnya atau dari sononya memang sdh kaya who knows kan ...

    BalasHapus
  10. salam brigade...

    BalasHapus
  11. Sekali melangkah pantang menyerah, sekali tampil harus berhasil....sekali lagi BRIMOB SELALU JAYA..salam buat rekan-rekan DASBA BRIMOB 6000 forever....................SIAAP MOHON IJIN KOMANDAN..
    BRIPKA YUSWONO BY SURABAYA
    8.1.3 BRIGADE

    BalasHapus
  12. Mas Yus di Suroboyo ...
    Trimakasih mas ... nanti sy sampekan
    813 Brigade

    BalasHapus
  13. boleh nannya ya Bangg, sya sekarag kuliah jurursan Kesehatan Lingkungan, di BRimob Dibutuhkan ga tenaga kesehatan, tinggi Badan sya 162 cm.. sekarang usia 22 tahun
    Hadi winarso di kebumen jawa tengah

    BalasHapus
  14. To Mas hadi winarso : Pasti dibutuhkan mas ... tinggi badan kurang dikit, min 163cm, info lanjut tanya aja ke Polda atau ke Polres terdekat ...
    Oke, sukses untuk anda ...

    BalasHapus
  15. Bang ALE,

    Ijin berguru lagi...;D
    Bang kok situs brimob tidak pernah update ya ? Lebih update situs brimob daerah semacam polda sumut dan polda kaltim.

    Saya ingin tahu lebih banyak tentang struktur organisasi BRIMOB baik di tingkat pusat dan daerah. Info yg saya punya dari sebuah makalah, per 2007 jumlah brimob sebanyak 32 ribu personil (kurang lebih 2 divisi) terdistribusi kedalam 3 daerah yaitu Polda Sumut, Polda Jatim dan Polda Sulsel. Kedepannya akan berkembang menjadi 50 ribu personil. Apakah benar demikian ? mohn konfirmasinya. Mohon maaf kalo menurut abang hal tersebut tidak boleh dishare ke publik, jangan diberikan.

    Last, boleh tahu buku2 ttg brimob yg sudah beredar ? katanya ada sejumlah judul seperti..."hari-hari bersama rakyat" ; "brimob, pasukan elit yg terlupakan" dll.

    Terimakasih sudah boleh mampir.
    Salam damai

    BalasHapus
  16. To Mas deny nugroho : kita lg sibuk ngepam mas jd g dsempat buka blog ...

    Brimob kedepan? tentu saja boleh di Share ke publik ... tp sy blm ada info .... nanti lah sy kabari lg ...

    Buku2 .... apalagi d lama g ke Gramedia ... he he he ... bukan karena g ada waktu tapi karena ....
    ha ha ha ...

    Oke deh mas deny nugroho ... trimakasih sdh mampir ... nanti coba sy update lg blognya ....

    BalasHapus
  17. Salut dan bangga sy dgn Brimob, meski sy bukan anggota Brimob, sy anak dari Brimob. Meski dipersempit tetap namanya harum. Skill maupun keberanian Brimob tlah teruji.Yg pasti Brimob mampu diposisikan dalam berbagai situasi baik perang maupun penanganan kejahatan berat. Banyak praktek langsung di lapangan yg secara otomatis mengasah skill dan ilmu.Smoga Brimob Terus Berjaya. NKRI harga mati. Merdeka.

    Dadan Maulana (Purwakarta)

    BalasHapus
  18. Brimob dulu terkenal dengan logo Roda Gila. Artinya full keberanian dalam mengemban tugas. Trims.

    Dadan Maulana (Purwakarta)

    BalasHapus
  19. Klo mau daftar jadi Brimob gmn ya?syaratnya apa aja? Syukron,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mampi kesini mas ....
      http://www.penerimaan.polri.go.id/

      Hapus
  20. Mampir liat sejarah brimob, trmksh infonya, Security 88 NTB sudah 6 kali melaksanakan diklatsar sekutiti di Pusdik Brimob Watukosek, tempat yg istimewa bagi kami.
    salam damai.
    813.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih .... salam damai ....

      Hapus
  21. SALAM KOMANDO WALET DARI BUMI ETAM KALIMANTAN TIMUR...NICE BLOG..SEMOGA BISA DIJADIKAN AJANG SILATURAHMI DAN BERTUKAR BAIK INFORMASI MAUPUN KEGIATANJ YANG BERSIFAT KEDINASAN.

    BY.BRIPKA YOSSY J.W. DEN GEGANA SATBRIMOB POLDA KALTIM

    BalasHapus
  22. ketika melihat seorang BRIMOB yang ada dalam fikiran saya adalah kapan ya saya bisa jadi salah satu anggota BRIMOB ,..
    salut deh sama bapak bapak BRIMOB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih .... aminnnnn .........

      Hapus
  23. Brimob yang lahir dalam kancah perjuangan bersenjata memang memiliki sejarah panjang. Brimob (polisi istimewa) merupakan satuan paling terorganisir dan merupakan pelopor pecahnya perang 10 nopember 1945 di Surabaya. Sesuai dengan perkembangan saat ini Brimob sebagai salah satu bagian dari Polri yang memiliki tugas 2 khusus yang memang masih diperlukan dalam menangani kejahatan2 dengan intensitas tinggi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap .... sy suka koment anda ... bertanggung jawab pula ... setidaknya terlihat dari namanya ....

      Hapus
  24. maaf saya mau tanya....kenapa harus ada Satuan Brimob di kepolisian ? Apa TNI dengan 3 angkatannya tidak cukup untuk menangani keamanan dan kedaulatan di NKRI ?

    Maaf kalo pertanyaan saya nyeleneh..saya orang awam yang enthusiast dengan masalah kemiliteran....

    BalasHapus
    Balasan
    1. goblok lu !!!
      goblok di piara hahahahaaaaaaaaa !!!

      Hapus
    2. Lha Brimob dan TNI segitu banyaknya aja masih ada teroris .... pertanyaannya sebenarnya "saya dan anda sudah berbuat apa untuk keamanan dan kedaulatan NKRI ini" ....

      Jadi menjaga kedaulatan NKRI ini tugas anda juga .... kesimpulannya tidak ada kata cukup untuk menjaga kedaulatan NKRI yang kita cintai ini .....

      Oke trimakasih ....

      Hapus
  25. yahhh mas, kenapa sih Brimob tidak menggunakan seragam doreng lagi untuk tugas sehari harinya padahal itu kan sangat amat cocok dan pas dengan jiwa dan pribadi prajurit Brimob sebagai pasukan tempur utama di korps POLRI ??

    kenapa tradisi militer seperti kepangkatan, satuan satuan komando (resimen, garnisun, batalyon), panggilan komandan satuan (dan yon, dan ki) tidak digunakan lagi, padahal itu semua kan sangat amat cocok dengan semangat Brimob sebagai pasukan tempur dari kesatuan POLRI ???

    kenapa di tiap tiap markas komando satuan di bagian penjagaan tidak ada lagi pos monyet/pos jaga dengan anggota Brimob berseragam doreng dengan helm tempur yg berdiri membawa senjata padahal kan itu sangat cocok untuk menunjukkan itu wilayah markas komando ???

    dan kenapa sekarang Brimob tidak dibelaki lagi dengan persenjataan berat seperti di TNI (artileri) dan dibekali panser tempur, padahal setahu saya dulu Brimob dari segi persenjataan berat (artileri) dan kendaraan panser tempur sama dengan punya TNI, kan itu sangat cocok dengan Brimob sebagai pasukan tempur dari korps POLRI ???

    mohon dijawab semua ya mas, maaf kalau saya terlalu banyak pertanyaan hehehehee..., itu sebagai bukti saya cinta pada Brimob sebagai pasukan elit POLRI :)

    Bravo dan Jayalah BRIMOB slalu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Doreng masih ada tuh .... jahit sendiri tapi
      - Panggilan/sebutan Dan masih juga ....
      - Pos monyet sudah di ganti Pos manusia, karena yang lewat manusia juga ....
      - Senjata yang ringan aja malas bawanya apalagi yang berat, hare gene nenteng senjata ? nenteng dollar sak koper boleh ....
      - Trimakasih sdh mencintai Brimob .... maaf bila jawaban sy kurang memuaskan ....

      Hapus
  26. mau tanya pak, kakak saya baru saja keterima jadi anggota brimob tahun ini dan pelatihannya itu di SPN Mojokerto. hal ini membuat saya bingung, bukankan pendidikan Brimob itu di Watukosek yah? mohon penjelasannya yah pak. terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin pastinya di terima jadi siswa pembentukan bintara/tantama Polri ya mbak .... untuk jadi Brimob nanti ada kejuaruan lanjutannya lagi di Watukosek.

      Jadi pendidikan dasar Polisi dulu, setelah itu pembaretan di watukosek Pusdik Brimob. Oke mbak ? trimakasih sdh mampir ....

      Hapus
  27. trimakasih atas balasannya pak dan maaf sebelumnya kalau banyak bertanya.
    iya jadi bintara nya pak, tapi kalo pendidikan dasar kenapa ngga di spn lido yah? padahal kan spn polda metro jaya itu di lido.
    wah pembaretan itu apa yah pak? biasanya kalau pendidikan selama 7 bulan itu tidak ada waktu untuk pulang yah pak? dan apakah ada kemungkinan kakak saya itu akan ditugaskan keluar daerah polda metro jaya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dik bintara bisa dimana saja mbak
      pembaretan ya kejuruan dasar brimob itu ... selesai pendidikan boleh/ sah menggunakan baret Biru brimob.
      Ya boleh lah ...
      Bisa jadi biasanya metro malah ke seluaruh wilayah NKRI

      Hapus
    2. oke pak terimakasih atas infonya yah pak. semoga sukses pak

      Hapus
    3. Sama-sama mbak ... trimaksih sudah mampir ...

      Hapus
    4. Selamat siang Komandan...sy Mashar Rijayadie dari Mataram NTB, sy bekerja di 88 SS, dl sy pernah mendampingi satpam pendidikan di pusdik brimob watukosek,,,kalo sy liat lagi foto2 wktu disana jadi kangen........

      Hapus
    5. Trimakasih Pak Mashar ...

      Hapus
  28. Kangen banget ma Pusdik Brimob Watukosek, setelah mendampingi Satpam 888 SS NTB mengikuti DIKSAR, apalagi bner2 jadi BRIMOB....

    BalasHapus
  29. mas/pak apa benar kalau mau dftakan jd anggota brimob itu lebih susah drpd anggota dalmas ?

    oh ya misalkan sy masi kls 3 smk sedangkan pendafarannya 2-29 maret dan UNAS d lksanakn pd bln april ?

    apakah bisa sy mendaftarkan diri ???

    sy ingin sekali menjadi anggota brimob :(
    sy ingin memakai seragamnya dan mngabdi pd negara :(
    sy suka klo lihat anggota brimob d jalan , kelihatan gagah
    mgknya sy ingin ikut , dan mnjadi anggota brimob dn dpt membanggakan ortu
    amiin ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga juga mas ...
      Bisa, jelasnya tanyakan langsung ke Polda/polres terdekat
      Semoga mas .... Amin

      Hapus
  30. pak mau nanya apa di setiap spn itu ada tempat pelatihan calon brigadir brimob dan dimana pembaretan nya mohon di jawab ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada pak ... lebih tepatnya pelatihan brigadir Polisi
      untuk jadi Brimob dikjur lagi di Watukosek disini : http://www.pusdikbrimob.com/

      Hapus
  31. pak mau tanya ,.saya suudah ndaftar brimob,.tp baru pertama kali...
    kalo rik kes 1 itu test nya ngapai aja ya pak..jd saya ada persiapan buat bsk tngl 18 nya...
    trima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. rik kes itu kan pemeriksaan kesehatan, ya mulai dari tinggi berat badan, pemeriksaan darah,tensi darah, urine, mata hidung mulut dll.

      Hapus
  32. Sebelumnya terimakasih buat bapak penulis yg sudah memberikan banyak informasi,khususnya BRIMOB. Saya mau tanya pak, alhamdulillah adik saya hari ini berangkat pendidikan di watukosek, yg saya tanyakan biasanya pendidikan awal 3bulan siswanya tdk di perbolehkan pulang, klo untuk yg skrg belum sampe 3bulan sudah hari raya, apa nantinya menjelang hari raya bisa di perbolehkan pulang pak? Terimakasih pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. O ia ... selamat ya pak. Ya mudah2an di ijinkan ya pak, kalaupun tidak ya ngga apa-apalah , adek bapak kan sudah jadi keluarga besar Korps Brimob.
      Ke depan dia akan lebih banyak berlebaran dengan keluarga besar Brimob, bisa jadi dalam 10 tahun atau lebih baru bisa berlebaran dengan keluarga/Orangtua dan saudaranya. Karena di hari2 besar seperti itulah fungsi sebagi pelindung dan pelayan masyarakat itu sangat di butuhkan ...

      Hapus
  33. Pak terima kasih sudah banyak memberikan informasi tentang brimob..

    Kakak saya kmrn baru saja berangkat ke watukosek untuk menjalani pendidikan brimob.

    Apakah keluarga/teman2nya boleh menjenguknya di pusdik brimob?

    Terimakasih pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh saja pak, tapi lebih baik dia fokus menjalani pendidikannya saja, toh keluarga besar Brimob akan bersama dengannya baik suka maupun duka.

      Hapus
  34. Infonya sangat membantu :)
    terimakasih,
    SEMANGAT !!

    Jadilah abdi negara yang baik dan berkualitas yang bisa diandalkan dalam mengembang tugas untuk NKRI

    Mahasiswi akademi kebidanan poltekkes medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih bu ... semangat !!!

      Hapus
  35. Blog ini menarik, karena dikelola oleh Anggota POLRI. Apalagi satuan Polri yang spesifikasi komando. Yang terkenal datang kalau situasi darurat. Biarpun jago pegang sentaja tapi juga harus gaul juga. Salam dari Lampung ndan... Terus Ngeblog...Brimob jangan buta IT...

    BalasHapus
  36. pak,tahun 2014 ada ngga pendaftaran POLRI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti ada dong ... setiap tahun selalu ada

      Hapus
  37. Ijin ndan sy dr satuan BRIMOB NTT...ijin bertanya kenapa kuota anggota brimob daerah yg tugas ke sudan/FPU cuma 1 org?padahal banyak anggota yg kepingin tugas lg pula skill dan kemampuannya diatas rata2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ... coba tanya lewat majalah Teratai pak biar langsung di baca Teratai I ... semoga bapak bisa bertugas disana ... tks

      Hapus
  38. Salam Hanghat & Hormat kami keluarga besar putra putri purnawirawan MOBRIG / BRIMOB POLRI ex kompi 5122, 5135 & 51.. Batalyon Rengers Tegal. Kami bangga sebagai keluarga besar putra putri veteran yang menerima Satyalentjana Yana Utama & masih ada beberapa penghargaan kebesaran dr NKRI, atas pengapdian orang tua kami.

    Personil dalam fotho kenangan terlampir diatas upacara kebesaran-www.watukosek11.com(berseragam doreng kebesaran MENPOR berbaris hormat komando MOBRIG POLRI saat dianugrahi “SATYA CAKTI YANOTTAMA“).

    Adapun beberapa penghargaan dr Presiden & NKRI tanda / saksi bisu "Yana Utama - Panca Prasetya - GOM IV - GOM VI - Peneggak - Tanda Kehormatan Satyalantjana Prasetya Pantja Warsa - GOM Seroja & masih banyak lg yang belum di lampirkan (birokrasi saat peralihan Orde Lama ke Orde Baru - Resimen Rengers / Pelopor Yang Terlupakan dr goresan sejarah NKRI dalam derita, keiklasan & ketabahan sampai akhir perjuangan).

    Jaya selalu "Janji Melati Suci - Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan - Pancasila, UUD 1945 & NKRI Harga Mati' "Kami Sangat Bangga".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin .... ! Mantap dan trimakasih ....

      Hapus
  39. Pak , mau tanya . Klo saya daftar bintara ( brigadir polri ) trus lulus , setelah pendidikan 7bln baru dipilih ke brimob ya ? Dipilih atau tes lagi klo mau jadi brimob ? Saya pingin bgt jadi brigadir brimob , mohon pencerahannya pak , trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia dipilih ... semoga ke inginan anda terwujud amin ....

      Hapus
  40. thanks sob untuk postingannya...
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...
    salam kenal yach...
    kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    http://chaniaj.blogspot.com/

    BalasHapus
  41. Almarhum kakek tni...adik2nya Brimob..bapak saya tni kakaknya Brimob...semuanya dinas di era perang kemerdekaan sampai dwikora..bangga punya keluarga dgn tradisi pembela dan penjaga NKRI...bravo Brimob..tetap jaya menjaga NKRI

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar, sukses selalu dan God Bless Us ....